TARIAN 7 PUTRI KEBUDAYAAN DAN SENI DI BURU SELATAN

Wisata Budaya di Kabupaten Buru Selatan kaya akan tradisi dan Nilai sebagai warisan leluhur yang terus dilestarikan. Salah satunya tari ceval yaitu tarian cakalele yang menggunakan parang dan tombak asli melambangkan kebangaan masyarakat buru selatan. Para pria di Kabupaten Buru Selatan menggunakan kain pengikat kepala atau disebut ifutin yang melambangkan marga marga yang ada di buru selatan dan mengambarkan kondisi dari pemiliknya.

A.  
Tarian 7 Putri

Tarian 7 putri atau dalam bahasa buru disebut bokirpito. Tarian ini terdiri dari 7 gadis cantik yang melambangkan sebagai bidadari, satu orang lelaki sebagai seorang pangeran yang dilengkapi dengan alat musik tradisional, kisahnya cukup terkenal pada jaman dahulu kala, ketika itu ada 7 orang putri yang menggunakan salendang sebagai kekuatan atau sayap.

Tarian ini biasanya ditampilkan pada acara adat atau pada kegiatan pentas seni sebagai bentuk upaya guna melesatarikan adat istiadat bangsa yang ditinggalkan oleh leluhur sebagai modal sosial masyarakat yangperlu dikembangkan sebagai Budaya Bangsa.