Dinas Pertanian

 

Profil Dinas Pertanian

Visi Misi Dinas Pertanian

Berdasarkan arahan umum Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Buru Selatan tahun 2016-2021, tugas dan fungsi Dinas Pertanian, serta permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan Pertanian dalam lima tahun kedepan, maka visi Dinas Pertanian Kabupaten Buru Selatan tahun 2016-2021dalam penyelenggaraan pembangunan Pertanian adalah Terwujudnya Pertanian Buru Selatan Yang Berbasis Keunggulan Wilayah, Berwawasan Agribisnis dan Berkelanjutan Menuju Kemandirian Petani”.

Rumusan visi Dinas Pertanian Kabupaten Buru Selatan tersebut mengandung pengertian sebagai berikut:

1. Pertanian

Pertanian yang dimaksud adalah system pengusahaan lahan dan ternak yang pada intinya merupakan aktivitas budidaya, dengan memanfaatkan semua potensi sumber daya serta sarana dan prasarana yang diperlukan. Disamping itu, aspek pengolahan dan pemasaran produk tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan ternak merupakan aspek-aspekyang perlu diberi penekanan secara simultan. Dengan demikian, sistem pertanian yang akan dikembangkan bersifat komprehensif, berwawasan agribisnis yang meliputi sub sistem hulu, sub sistem usaha tani (on-farm), sub sistem pengolahan/hilir.

2. Berbasis Keunggulan Wilayah

Berbasis Keunggulan wilayah artinya pengembangan pertanian yang merujuk pada komoditi-komoditi yang paling dominan dikembangkan dan diusahakan oleh masyarakat setempat berdasarkan kondisi geografis wilayah dalam hal ini komoditi perkebunan (cengkeh, kelapa dan pala).

3. Berwawasan Agribisnis

Berwawasan agribisnis bertujuan pada kegiatan pertanian yang dapat meningkatkan pendapatan produsen, menyerap tenaga kerja, meningkatkan perolehan devisa dan menambah jumlah agroindustri baru.

4. Berkelanjutan

Pelaksanaan proses produksi pertanian yang memanfaatkan sumber daya yang dapat diperbaharui untuk proses produksi pertanian dengan menekan dampak negatif terhadap kerusakan lingkungan seminimal mungkin.

5. Kemandirian Petani

 

Kelompok tani yang mandiri dan  mampu mengambil keputusan dalam setiap aspek kegiatan serta harus didukung oleh kemampuan para anggota kelompok tani dalam pengelolaan komponen organisasi yang ada.

 

Dengan memperhatikan kondisi dan permasalahan yang ada, tantangan kedepan dan isu yang ditetapkan serta dengan memperhitungkan peluang dan potensi yang dimiliki untuk mencapai visi tersebut, maka isi yang diemban Dinas Pertanian kabupaten Buru Selatan tahun 2016-2021 adalah:

1.      Peningkatan luas tanam dan luas panen komoditas pertanian, perkebunan dan populasi ternak yang berbasis keunggulan wilayah.

2.      Meningkatkan Sumber daya Aparatur Dinas, Penyuluh dan Petani untuk mendukung pengembangan sektor pertanian

3.      Penguatan Kelembagaan Petani dan Kemudahan dalam akses permodalan untuk meningkatkan pendapatan petani

4.      Pengembangan sektor pertanian yang berorientasi pasar, memiliki nilai tambah dan berwawasan lingkungan

 

5.      Memperkuat sarana, prasarana dan infrastruktur pertanian untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi hasil pertanian.