Air Babunyi.

 


Air Babunyi.



Satu titik keindahan yang terletak di kecamatan leksula yaitu air babunyi. Hijaunya pepohonan yang rindang yang menyelimuti bagian air terjun, dan laut yang tenang tempatnya sunguh exotis, rasanya mau membuang waktu lebih lama untuk menikmati tempat yang indah ini, tempatnya sepih dan jauh dari keramaian dan aktifitas masyarakat, pancaran pesona alamnya dapat memberikan sensasi tersendiri dalam suasana yang rileks sambil melepas kepenatan dan menenangkan pikiran sejenak sebelum kembali beraktifitas, tempat ini merupakan pertemuan dari air yang berasal dari air terjun babunyi dan air laut, sunguh fenomena alam yang luar biasa semua tercipta karena penguasa sang pemilik alam jagat raya ini.

Suasana sepih dan damai, itulah yang akan dirasakan setiap pengunjung ketika menikmati keindahan alam air babunyi, ada sensasi tersendiri saat anda berlari
di hamparan pasir putih yang terbentang sepanjang garis pantai air babunyi yang sesekali mengeluarkan desingan ombak dan gemercik air terjun membuat anda merasakan keistimewannya, inilah salah satu keunikan air terjun babunyi atau yang dalam bahasa Buru disebut Wae Gogon. 


Untuk berkunjung ke air terjun babunyi pengujung dapat menggunakan sarana trasnportasi laut dari kota Namrole atau leksula berupa speedboat atau body nelayan dengan membutuhkan waktu tempuh untuk tiba di air terjun babunyi sekitar 5 menit dari kota leksula dan kalau dari ibukota namrole pengunjung harus menghabiskan waktu 1 jam untuk tiba di air babunyi. Sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan gugusan pulau dan keindahalan alam bawah laut yang dapat terlihat langsung dari atas speedboat yang digunakan.



Bagi anda yang hendak berwisata kesini jagan lupa menikmati sensasi air terjun babunyi yang segar dan terasa keseluruh tubuh, untuk merasakan keistemewaan pantai air terjun babunyi pengujung disarankan untuk datang pada saat air sedang surut sehingga anda dapat menikmati, lekukan pulau pasir dan lekukan air babunyi yang terbentuk dari genangan air terjun babunyi. disekitar spot air babunyi tidak terdapat rumah penduduk sehingga lokasinya masih benar – benar alami.